Friday, April 13, 2012

Kue Pukis Keju


Dua minggu lalu saya dapat pinjaman cetakan kue pukis dari seorang teman. Percobaan pada resep pertama yg saya dapat dari hasil googling kurang memuaskan. Mungkin proses fermentasi dari raginya belum sempurna saya udah buru2 menuang ke cetakan, rasanya waktu itu terlalu padet dan kurang manis.

Kali ini saya coba resep dari NCC Indonesia. Menurut saya rasanya jauh lebih enak dan lembut.
Saya tambahkan keju dibagian atas bbrp menit sebelum di angkat. Dan saya menambah bbrp tetes pasta durian kedalam adonan... hehe jadi ada wangi-wangi duriannya lah :)

Resep aslinya sepertinya porsinya banyak banget. Saya hanya  bikin separuh adonan dan menghasilkan 24 biji kue pukis  


Kue Pukis
source : NCC Indonesia

Bahan A:
50 gr      tepung terigu protein sedang
100 ml   air
11 gr      ragi instan (1 sachet)

Bahan B:
4 btr       telur utuh
4 btr       kuning telur
300 gr    gula pasir

Bahan C:
250 gr    tepung terigu protein sedang

 Bahan D:
400 ml   santan kental
1 sdm    mentega leleh
½ sdt     garam

Cara membuatnya:
  1. Campur semua bahan A, aduk hingga rata. Diamkan selama 15 menit.
  2. Kocok bahan B hingga kental, tuangi adonan A, aduk rata, masukkan juga bahan C aduk  rata.
  3. Campur semua bahan D, tuangkan kedalam adonan. Aduk rata, diamkan selama 2 jam.
  4. Panaskan cetakan kue pukis, tuangi adonan hingga tiga perempat penuh, biarkan sampai nampah berbuih dan berlubang-lubang, tutup cetakan hingga pukis matang. Angkat.


No comments: