Sunday, January 29, 2012

Teh Talua

Teh Talua atau Teh Telur adalah minuman ini sangat terkenal di Ranah Minang. Hampir bisa ditemui di semua warung kopi di daerah Sumatera Barat. Minuman ini dibuat dengan cara yang sangat sederhana, kuning telur dikocok dengan gula hingga kental kemudian disiram dengan teh panas.
Alat pengocok telur ini pun dulunya sangat sederhana, hanya dengan mengikat bbrp buah lidi jadilah alat pengocok telur yg cukup kuat untuk membuat telur menjadi kental. Teh yg digunakan adalah teh bubuk.

Pagi ini saya bikin, tp setelah saya cicipi kok masih enak buatan Om saya yah..hmm si Om emang jago banget bikin teh talua ini. Sebelum bikin ini pun saya sempat sms-an bbrp kali sama si Om untuk nanya gimana cara dia bikin Teh Talua yg bener2 nikmat itu. Hiks.. jadi rindu pulang kampuang..

Teh Talua

Bahan:
  • 1 butir kuning telur (lebih enak menggunakan telur ayam kampung)
  • 1.5 sendok teh gula (kalau mau lebih manis bisa ditambah)
  • 1 sendok teh bubuk
  • Air mendidih 200 ml
  • 1 iris jeruk nipis
Cara
  • Kocok kuningtelur dengan gula di dalam gelas hingga kental
  • Taruh saringan teh di atas gelas dan taruh teh didalamnya
  • Siram teh dengan air mendidih, hati-hati buih telur akan meluap jika air terlalu penuh
  • Peraskan jeruk nipis dan aduk dengan sendok
  • Minuman siap dinikmati
Resep Teh Talua ini saya ikutkan untuk meramaikan Indonesian Foodblogger challenge #3 dengan tema "Indonesian Beverages".

No comments: