Wednesday, July 13, 2011

Roti Tuna Jagung


Minggu ini begitu happy dengan pinjaman bread maker dari seorang sahabat. Hari pertama langsung bikin Tuna Corn Bread. Bener-bener empuk dan yummy untuk sarapan pagi dingin dingin begini. Roti ini masih bersisa sampai besoknya, tp rasanya masih tetap empuk. Yippiii akhirnya bisa juga bikin roti empuukkk. Resep saya dapat dari blog Shinta

Bahan :
  • 300 gr tepung protein tinggi
  • 50 gr gula pasir
  • 6 gr yeast (saya pake 7 gr)
  • 50 gr butter (saya pake unsalted butter)
  • 120 ml susu cair dingin
  • 1 butir telur
  • 1/2 sdt garam

Topping:
  • 1 kaleng tuna @ 60 gr (saya pake 2 kaleng)
  • 1 sdm mayonaise (saya pake 2 sendok makan)
  • 1/4 bawang bombay (saya ga' pake)
  • dried parsley (saya ga' pake)

Cara membuat :
  1. Campurkan terigu, gula dan ragi. Aduk rata
  2. Masukkan telur sambil diuleni
  3. Tambahkan susu sedikit demi sedikit, selingi dengan butter. Uleni terus hingga kalis dan elastis
  4. Masukkan garam. Uleni sebentar
  5. Istirahatkan kurang lebih satu jam hingga mengembang menjadi 2 kali lipat. Lalu kempiskan
  6. Bentuk adonan seperti foto berikut ini

foto courtesy home-baking.net

Setelah itu bakar kurang lebih 15 menit dengan suhu 180 C...







No comments: